Wednesday, September 19, 2012

Tahapan Alur atau plot

Tahapan pada alur dibagi menjadi:
1. Eksposisi : Merupakan plot atau setting awal ketika sebuah cerita akan dibuat. Pengenalan tokoh dan perwatakannya terlibat dalam cerita.
Contoh:
Pada sebuah kota yang tidak tahu menahu sumber yang mengkajinya, kota yang permai. Dimana disudut kota, disebuah rumah tua yang bercat kelabu dan mempunyai halaman besar, hidup seorang hartawan yang kaya dan berwibawa, Lantuna. Hidup hanya dengan pembantunya yang sudah mengabdi selama 30 tahun, bernama Siri.


2. Insiden awal : Merupakan plot lanjutan dari cerita awal. Setelah plot awal atau Eksposisi telah tuntas, maka tokoh akan melakukan dan memutuskan untuk berbuat apa.
Contoh:
... ... ...
Lansana yang curiga karena sebagian besar hartanya hilang entah kemana, iapun melakukan serangkaian strategi dengan ide-ide cerdasnya.
... ... ...

3. Komplikasi : Dimana masalah sebenarnya telah terungkap dan mulai bergejolak.
Contoh:
... ... ...
Siri dan Lansana, memergoki kejadian kala itu, dimana mereka melihat satu gebok uang miliknya terbang dengan sendirinya. ... ... ...

4.  Klimaks :  Merupakan saat dimana plot menjadi tegang dan ada pada puncak masalah.
Contoh:
... ... ...
Mereka tahu kalau itu sihir. Dan pertarungan antara orang beragama dengan perampok yang juga penyihir pun tak bisa dielakkan. Api dari tongkat yang melengkung dan cahaya dari bacaan bibel oleh siri mengusik ketenangan hutan tengah kota yang saat itu menjadi ramai. Lansana hanya tertunduk lemas dengan kejadian itu.
... ... ... 

5. AntiKlimaks : Plot atau setting dimana masalah yang semula bergejolak, meredam.
Contoh:
... ... ...
Bacaan terakhir Siri, dan merupakan ayat yang kuat dari bibel, membuat penyihir yang tak berupa itu tewas terkapar. Hangus. Kemudian sirna entah kemana. Lansana bersorak riang, penduduk yang terbunuh pun hidup kembali.
... ... ...

"terus bisa dilanjutkan lanjut ke kontradiksi, mau dilanjutkan ke klimaks itu terserah anda"

6. Penyelesaian : Merupakan plot dimana tokoh dan cerita akan berakhir. Tidak timbul masalah namun ada uga cerita dengan "sad ending", dimana penyelesaiannya berujung mengaharukan.


Demikian, semoga bermanfaat :D